Senin, 02 Maret 2009

NURBS


Penggunaan

NURBS hampir ada di mana-mana untuk desain dibantu komputer (CAD), manufaktur (CAM), dan rekayasa (Cae) dan merupakan bagian dari berbagai industri luas digunakan standar, seperti IGES, LANGKAH, ACIS, dan PHIGS. NURBS tools are also found in various 3D modeling and animation software packages, such as form•Z , Maya and Rhino3D . NURBS alat juga ditemukan di berbagai pemodelan 3D dan animasi paket perangkat lunak, seperti formulir • Z, Maya dan Rhino3D.

Mereka membolehkan perwakilan dari bentuk geometris dalam bentuk yang kompak. Mereka dapat efisien ditangani oleh program komputer dan belum memungkinkan mudah interaksi manusia. NURBS permukaan adalah fungsi dari dua parameter pemetaan ke permukaan dalam tiga dimensi ruang. Bentuk permukaan ditentukan oleh titik kontrol.

Secara umum, dapat dikatakan bahwa pengeditan NURBS Curves permukaan dan sangat intuitif dan predictable. Titik kontrol yang baik selalu terhubung langsung ke kurfa / permukaan, atau bertindak seakan-akan mereka terhubung oleh sebuah band karet. Tergantung pada jenis antarmuka pengguna, editing dapat diwujudkan melalui elemen kontrol poin yang paling jelas dan umum untuk Bézier Curves, atau melalui alat-alat tingkat tinggi seperti spline modeling atau mengedit hirarkis.

J konstruksi di bawah permukaan, misalnya dari badan kapal motor yacht, biasanya terdiri dari beberapa NURBS permukaan dikenal sebagai patch. Patch ini harus dipasang bersama-sama dengan cara bahwa batas-batas yang tidak kelihatan. Hal ini diungkapkan oleh matematis konsep geometris kontinuitas.

Alat-tingkat tinggi yang ada manfaat dari kemampuan untuk membuat dan NURBS mendirikan geometris kontinuitas dari berbagai tingkatan:

Positional kontinuitas (G0)
berpendapat ketika akhir posisi dua Curves atau permukaan yang kebetulan. Curves atau permukaan yang mungkin masih bertemu di sebuah sudut, sehingga menimbulkan ke tepi atau sudut tajam dan menyebabkan rambut rusak.
Tangential kontinuitas (G1)
membutuhkan akhir dari vektor Curves atau permukaan yang akan paralel, memerintah keluar tajam ujungnya. Karena highlights jatuh di tepi tangentially selalu terus berkelanjutan sehingga tampak alami, ini tingkat kontinuitas seringkali sudah cukup.
Pembungkukan kontinuitas (G2)
lebih memerlukan vektor yang akan berakhir yang sama panjang dan tingkat perubahan panjang. Highlights jatuh pada lekukan-terus tepi tidak menampilkan perubahan, menyebabkan dua muncul ke permukaan sebagai salah satu. Visual ini dapat diakui sebagai "sangat halus". Tingkat kontinuitas ini sangat berguna dalam pembuatan model yang memerlukan banyak bi-kubik patch menyusun satu permukaan.

Geometris kontinuitas terutama merujuk kepada bentuk yang dihasilkan permukaan; sejak NURBS permukaan adalah fungsi, juga memungkinkan untuk membicarakan derivatif dari permukaan sehubungan dengan parameter. Hal ini dikenal sebagai parametric kontinuitas. Parametric kontinuitas suatu gelar implies geometris kontinuitas gelar itu.

Pertama dan kedua tingkat kontinuitas parametric (C0 dan C1) adalah untuk kepentingan praktis identik dengan positional dan tangential (G0 dan G1) kontinuitas. Ketiga-parametric tingkat kontinuitas (C2), namun berbeda dari lengkungan kontinuitas dalam bahwa parameterization juga terus. Dalam prakteknya, C2 kontinuitas lebih mudah dicapai jika seragam B-splines digunakan.
Diposkan oleh bakung zone di 19:47 0 komentar
Nurbs surface dibentuk dari beberapa section b-spline. Berbeda dengan surface wiremesh yang dibuat dari titik-titik, NURBS merupakan data simplifikasi dengan perhitungan matematis. Hasilnya surface yang lebih smooth, dan editingnya juga dilakukan dengan memodifikasi b-spline. Bukan lagi titik.

Biasa dipakai dalam desain manufaktur. Kurva-kurva lengkungan body kendaraan yang harus smooth, menggunakan NURBS ini.
apa NURBS ?
NURBS Curves permukaan dan berkelakuan dalam cara yang sama dan berbagi terminologi. Sejak Curves termudah adalah untuk menjelaskan, kami akan meliputi mereka secara rinci. A NURBS curve is defined by four things: degree, control points, knots, and an evaluation rule. J NURBS kurfa didefinisikan oleh empat hal: gelar, titik kontrol, knot, dan evaluasi aturan.

Modeling adalah sebuah proses penciptaan bentuk 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata.
Dua teknik modeling yang populer dan umum digunakan dalam 3ds max adalah teknik polygonal dan NURBS (Non-Uniform Rational B-Splines).
Teknik polygonal dan NURBS masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada polygonal pemodelan objek dapat dilakukan secara cepat, namun hasilnya kurang halus dan cenderung kasar. Teknik polygonal banyak disukai oleh para animator film dan pembuat game komputer karena kecepatan render dan modeling. Sedangkan dalam NURBS modeling pemodelan sedikit lebih ekstra hati-hati, namun kualitas yang dihasilkan memang sebanding dengan pekerjaan. Modifikasi-pun dapat dilakukan dengan mudah dengan tetap dapat menjaga kualitas gambar.
dengan bantuan NURBS dan Polygon Mesh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar